Di
Ketika ditahun 1980-an, teknologi Global System for Mobile Comunication (GSM) datang ke
Dengan adanya konvergensi TI dengan teknologi telekomunikasi, membuat teknologi telah menjadi segalanya bagi manusia, Teknologi komunikasi khususnya selular telah berkembang pesat di Indonesia, hal ini dimungkinkan dengan penetrasi pasar yang besar terhadap kebutuhan telekomunikasi khususnya yang sifatnya mobile, saat ini menurut statistic pengguna selular di Indonesia telah mencapai angka sekitar 8 juta dengan.
Masyarakat
Saat ini kita mengenal berbagai jenis perangkat komunikasi, seperti perangkat komunikasi tetap (Fixed Phone), komunikasi bergerak terbatas (Fixed Mobile Phone) dan komunikasi bergerak seluler (Celullar Mobile Phone).
Sedangkan di Kabupaten Kuningan penggunaan komunikasi bergerak seluler semakin lama semakin meningkat, hal ini dapat kita lihat dengan semakin banyaknya masyarakat memamfaatkan teknologi dalam bidang ini. Sehingga menciptakan peluang usaha dan membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi pribadi maupun organisasi untuk mengembangkan dan membuka pasar usaha dalam bidang komunikasi bergerak seluler (Celullar Mobile Phone)
TUJUAN DAN MANFAAT
A. Tujuan Pengembangan Usaha Counter Celluler
1. Memanfaatkan peluang yang ada bagi pengelolaan usaha yang berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi.
2. Membantu masyarakat dalam memperoleh akses telekomunikasi dengan cepat dan mudah.
3. Membantu Pemerintah dalam mendorong masyarakat dalam penggunaan atau penerapan teknologi informasi.
B. Manfaat Usaha
1. Mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) serta mempraktekannya dalam kehidupan usaha nyata.
2. Meningkatkan pendapatan keluarga.
TEMPAT USAHA
Dalam merealisasikan rencana tersebut, dan mempertimbangkan beberapa aspek usaha dan transportasi yang sangat terjangkau dari setiap konsumen/user usaha ini, maka tempat/lokasi usaha adalah Jalan Otto Iskandar Dinata No. 22 Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan kode pos 45512.
SEGMENTASI PENGGUNA
A. Target Pasar
Target pasar dari usaha counter celluler ini adalah seluruh masyarakat kabupaten Kuningan terutama yang lokasinya berada tepat di kota Kuningan. Pilihan lokasi ini dinyatakan tepat sebab pada lokasi tersebut masih steril dari usaha serupa.
B. Startegi Pemasaran
Proses pemasaran usaha counter celluler yaitu dengan menggunakan pemasaran secara langsung terhadap pengguna dengan menggunakan media elektronik dan media cetak (brosur, leaflet, dll)
NAMA CELLULER DAN PENYELENGGARA
Adapun usaha dan nama counter dalam proses pengembangan usaha counter ini adalah:
Nama Rental :
Bentuk usaha :
Nama Penyelenggara :
Alamat Penyelenggara :
Sedangkan alamat/tempat usaha baru yang akan dikembangkan adalah:
Nama Rental :
Bentuk usaha :
Nama Penyelenggara :
Alamat Penyelenggara :
PROYEKSI KEBUTUHAN PENGEMBANGAN USAHA.
Tabel proyeksi kebutuhan pengembangan usaha counter celluler sebagai berikut:
ESTIMASI PEROLEHAN LABA
Berdasarkan perhitungan sementara maka perolehan dari usaha counter celluler dapat dihitung sebagai berikut Dari tabel tersebut diperoleh gambaran bahwa pendapatan usaha dari counter sebesar Rp. 1.250.000,00,- dikurangi biaya beban usaha sebesar Rp. 450.000,00,- sehingga diperoleh laba sebesar Rp. 800.000,00
REKAPITULASI PENGEMBALIAN MODAL USAHA DAN JASA.
Dengan perolehan laba tersebut maka saya mampu mengembalikan modal usaha berikut jasa 1,03% perbulan. Dengan rincian sebagai berikut :
Modal Usaha Rp. 5,000,000.00,- dibagi 24 Bulan (2 tahun) sebesar Rp. 208,333.33,- perbulan ditambah jasa sebesar Rp. 51.500.00,- (lima puluh satu ribu lima ratus rupiah) sehingga pengembalian kepenyertaan modal sebesar Rp. 259,833.33,- perbulan.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel pengembalian dibawah ini
PENUTUP
Dengan prerncanaan yang matang, diharapkan usaha pengembangan counter celluler ini berjalan sesuai dengan apa yan diinginkan semua pihak. Oleh karena itu saya sangat berharap kepada PT. Bank Tabungan Negara (persero) Cabang Cirebon dapat membantu merealisasikan rencana ini.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa berkenan melindungi niat baik ini. Dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada seluruh pihak terkait atas segala bantuannya
.............................., , bulan / tahun
Pembuat







0 komentar: on "CONTOH PEMBUATAN PROPOSAL PENGEMBANGAN USAHA"
Posting Komentar